Bek Sayap Terbaik di Dunia yang Pernah Ada

bek sayap terbaik

Memiliki tugas untuk menjaga pertahanan dari gempuran musuh merupakan tugas wajib dari seorang bek. Seorang bek dituntut untuk selalu sigap kapan pun dan dimana pun. Sejarah mencatat ada beberapa nama yang menduduki posisi sebagai bek sayap terbaik di dunia. Hal ini dikarenakan kontribusinya dalam menjaga benteng pertahanan. Siapa saja mereka?

1. Paolo Maldini

Pemain yang pernah membela AC Milan ini menduduki posisi puncak sebagai bek sayap terbaik yang pernah ada. Memiliki kemampuan skill olah bola yang baik membuatnya kesulitan untuk ditembus pemain lawan. Paolo Maldini kerap membuat musuh frustasi kala berhadapan dengannya. Memiliki postur 188 cm menjadi keuntungan sendiri bagi Paolo Maldini untuk berduel dengan striker lawan yang berpostur tinggi.

Penampilannya yang gemilang dalam menjaga benteng pertahanan membuat klub yang dibelanya yaitu AC Milan banyak meraih gelar juara seperti menjuarai Liga Champion sebanyak 5 kali, juara Serie A 7 kali, dan masih banyak lagi gelar juara yang didapatkaannya.

See also  Biografi Febri Hariyadi, Pemain Andalan Persib

Selama karirnya membela AC Milan Paolo Maldini sempat meraih peringkat 2 dalam ajang pemilihan balloon d’or di tahun 1994 dan 2003. Di Timnas Italia sendiri Paulo Maldini mencatatkan rekor sebagai pemain dengan penampilan terbanyak yakni 126 penampilan bersama Timnas Italia. Paolo Maldini pernah membawa Timnas Italia menjadi finalis pada piala dunia tahun 1994. Pada tahun 2009 Paolo Maldini memutuskan pensiun dari lapangan hijau setelah membela AC Milan selama kurun waktu 25 tahun.

2. Roberto Carlos

Pemain yang berasal dari Brazil ini menjadi sosok bek tangguh selanjutnya. Memiliki ketangkasan dan kemampuan menjaga pertahanan membuatnya layak diperhitungkan saat itu. Pemain yang pernah membela Real Madrid ini identik dengan tendangan bebasnya yang keras dan terukur. Beberapa kali Roberto Carlos mencetak gol lewat tendangan bebas saat bermain.

See also  Biodata Stefano Lilipaly yang Perlu Diketahui

Roberto Carlos memiliki peranan penting dalam memainkan serangan melalui umpan-umpannya yang begitu memanjakan membuat striker mudah untuk mencetak gol. Bersama Real Madrid Roberto Carlos telah mencetak 70 gol dalam 527 penampilannya. Di level Timnas sendiri Roberto Carlos menjadi ujung tombak benteng pertahanan Timnas Brazil. Berposisi sebagai bek sayap kiri membuatnya kerap tampil sebagai pengatur serangan. Bersama timnas Brazil, Roberto Carlos meraih 2 gelar piala Copa Amerika dan 1 gelar piala dunia.

3. Giacinto Facchetti

Pemain yang berposisi sebagai bek sayap kiri ini memang memiliki kualitas yang berbeda dari pemain pada umumnya. Mempunyai kemampuan dalam hal menyerang dan bertahan membuatnya bisa dibilang sebagai salah satu bek terbaik yang pernah ada.

Giacinto Faccehetti menghabiskan seluruh karirnya bersama inter milan. Disana Giachinto Faccehetti mampu mencetak 75 gol.  Penampilannya yang baik pada saat bermain membuatnya meraih  finalis 2 dalam pemilihan balloon d’or. Hal ini cukup membanggakan bagi seorang pemain yang berposisi sebagai bek.

See also  Variasi Latihan Sepak Bola Sederhana dan Ampuh

4. Carlos Alberto

Kapten tim Timnas Brazil ini layak  untuk diacungi jempol. Berkat kontribusinya dalam menjaga pertahanan membuat Brazil mampu meraih gelar juara piala dunia tahun 1970. Pada saat itu Carlos Alberto mampu menyumbangkan 1 gol di final piala dunia.

5. Philipp Lahm

Pemain yang pernah membawa Timnas Jerman meraih gelar juara piala dunia ini  memang menjadi sosok kunci benteng pertahanan. Bersama Bayern Munchen, Lahm mampu membuktikan kualitasnya dengan membawa klub tersebut meraih beberapa kali gelar juara Bundesliga dan kompetisi lainnya.  Pada tahun 2017 Lahm memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola.

Berikut tadi ulasan mengenai bek sayap terbaik di dunia. Posisi bek memang sangat sentral bagi sebuah tim. Pasalnya bek menjadi benteng terakhir yang menjaga gawang sebelum berhadapan dengan kiper.

You May Also Like

About the Author: Angie Jevinca