Biodata Stefano Lilipaly yang Perlu Diketahui

biodata stefano lilipaly

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu pemain sepak bola Indonesia yang satu ini? Pemain yang pernah mewakili Belanda U-15 hingga U-18 ini sekarang bergabung dalam Timnas Senior Indonesia. Stefano Lilipaly memegang posisi gelandang serang. Untuk lebih mengenal pemain satu ini, simak biodata Stefano Lilipaly berikut ini:

Informasi Pribadi

Pemain ini memiliki nama lengkap Stefano Yantje Lilipaly. Ia lahir di Arnhem, Belanda, 10 Januari 1990. Stefano Lilipaly merupakan pemain sepak bola kelahiran Belanda yang memutuskan untuk bergabung dengan Tim Nasional Indonesia, sehingga ia memiliki kewarganegaraan Belanda-Indonesia.

Stefano Lilipaly resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Oktober 2011. Ia memiliki postur tubuh yang cukup tinggi, yaitu 175 cm dengan berat badan 60 kg. Pria yang saat ini bermain di klub Bali United ini menempati posisi gelandang serang. Lilipaly memiliki nomor punggung 87. Harga pasarannya saat ini sebesar Rp 6,08 Miliar berdasarkan data pada 8 April 2020. 

See also  Variasi Latihan Sepak Bola Sederhana dan Ampuh

Perjalanan Karir

Biodata Stefano Lilipaly selanjutnya akan meruntut perjalanan karirnya di dunia sepak bola. Stefano Lilipaly mengawali karir sepak bola di negara kelahirannya, yaitu di Belanda pada level junior dengan bergabung dengan DCG (1997-2000), Az Alkmar (2000-2001), dan FC Utrecht (2001-2010). Pada tahun 2006-2007 ia bergabung dengan Tim Nasional Belanda U-17. Karirnya di Indonesia diawali pada tahun 2013 ketika ia bergabung di Timnas Indonesia U-23.

Pada tahun 2012-2014 ia bergabung dengan Almere City FC dan pada tahun 2014 ia sempat bergabung dengan klub asal Jepang, yaitu Consadole Sapporo meski tidak lama. Pada penghujung tahun 2014 hingga 2015 ia bergabung dengan Persija Jakarta. Di awal tahun 2017, Lilipaly kembali bergabung dengan klub Divisi 1 Belanda, yaitu SC Cambuur. Pada tahun yang sama, yaitu pada paruh kedua Liga 1 2017, ia bergabung dengan Bali United hingga sekarang. 

See also  Bek Sayap Terbaik di Dunia yang Pernah Ada

Prestasi

Beberapa prestasi yang pernah diraih Stefano Lilipaly baik prestasi bersama klub maupun individu antara lain pada tahun 2009-2010, ia meraih piala KNVB Junior (FC Utrecht Junior). Pada tahun 2016 ia meraih Best Starting XI AFF Championship. Pada rentang tahun yang sama yaitu 2016-2017, Lilipaly meraih  Eerste Divise Goal of the Week vs NAC Breda. Ia juga meraih Goal of The Week AFC Cup 2018 vs FL Thanh Hoa FC pada tahun 2018.

Kehidupan Pribadi

Ia memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang lahir di Maluku, sedangkan Ibunya merupakan orang Belanda asli. Ia memiliki seorang istri bernama Carmen Rowena yang juga memiliki keturunan Maluku dan kini bekerja sebagai fashion blogger di Belanda.

Keduanya dikaruniai seorang anak bernama Jax Ellion Lilipaly. Lilipaly sangat mencintai sepak bola, dan pemain favoritnya adalah Andres Iniesta, gelandang Barcelona asal Spanyol. Ia juga berharap agar anaknya dapat mengikuti jejak karirnya.

See also  Bek Kanan Real Madrid yang Paling Sulit Ditembus

Role Model 

Stefano Lilipaly banyak meniru gaya permainan dari idolanya, yaitu Andres Iniesta. Iniesta merupakan pemain sepak bola Spanyol yang saat ini membela klub Vissel Kobe dan timnas Spanyol. Andres Iniesta memiliki posisi yang sama dengan Lilipaly, yaitu sebagai pemain gelandang. Iniesta datang melalui akademi muda La Masia milik Barcelona. Ia memiliki kemampuan dalam menguasai bola dengan tenang. Melihat dari idolanya ini, Lilipaly memiliki umpan-umpan yang sangat akurat, sehingga dapat membantu rekan satu timnya.

Itulah biodata Stefano Lilipaly yang perlu diketahui. Lilipaly dikenal pula dengan kemampuannya dalam melakukan tendangan bebas dan tendangan jarak jauh yang sulit dihalau oleh penjaga gawang dari tim lawan. Kemampuannya yang cukup gemilang membuat Lilipaly menjadi pemain sepak bola Indonesia yang banyak dikagumi oleh para pecinta olah raga beregu yang satu ini.

You May Also Like

About the Author: Angie Jevinca