Gaya Selebrasi Pemain Bola dan Maknanya

gaya selebrasi pemain bola

Selebrasi merupakan sebuah ungkapan kebahagiaan karena telah berhasil melakukan sesuatu yang penting. Perayaan tersebut dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Khusus dalam pertandingan sepak bola, selebrasi akan dilakukan oleh pemain saat mampu mencetak gol. Selebrasi yang digunakan dapat bermacam-macam, namun ada beberapa yang menjadikan selebrasi tersebut ikonik, entah karena sudah menjadi sebuah ciri khas atau pun karena makna dibalik selebrasi tersebut. Berikut beberapa gaya selebrasi pemain bola dan maknanya: 

1. Paulo Dybala

Pemain bernama lengkap Paulo Bruno Exaquiel Dybala ini merupakan salah satu sepak bola yang mempunyai gaya selebrasi yang ikonik. Setiap kali dirinya mencetak gol, Dybala akan berlari sambil menutup mulut dengan telapak tangannya, namun tetap memperlihatkan telunjuk dan ibu jari sedangkan ketiga jari yang lain menutup.

Menurut keterangan Dybala sendiri, selebrasi tersebut ia namai sebagai topeng gladiator. Karena bagi Dybala, layaknya seorang gladiator, gol yang diciptakan merupakan bentuk dari sebuah perjuangan.

See also  Variasi Latihan Sepak Bola Sederhana dan Ampuh

2. Luis Suarez

Mantan penyerang Barcelona yang kini bermain di Atletico Madrid ini merupakan salah satu pemain yang mempunyai selebrasi ikonik yang khas. Seusai mencetak gol, Suarez akan berlari sambil mencium jari manisnya, kemudian mencium pergelangan tangan, lalu ibu jari, telunjuk, kemudian jari tengah secara berurutan.

Selebrasi mencium jari manis merupakan sebuah penghormatan kepada istrinya Sofia, kemudian mencium pergelangan tangan yang bertato bertuliskan nama anak perempuannya. Sedangkan mencium ketiga jari tersebut merupakan persembahan untuk ketiga anak-anaknya.

3. Mesut Ozil

Pemain yang sempat menjadi playmaker Madrid dan timnas Jerman ini merupakan salah satu pemain yang juga mempunyai selebrasi ikonik bagi para fans sepak bola. Ozil yang kini bermain di liga Turki bersama klub Fenerbache menjadi pemain yang kerap membahayakan pertahanan lawan, khususnya saat dia merumput di Eropa.

Setiap kali Ozil mencetak gol, dia akan berlari menyusuri lapangan sambil menghisap jempol kanan sementara tangan kirinya membentuk huruf M. Menurut pengakuan Ozil, selebrasi tersebut ia persembahkan untuk keponakannya yang bernama Mira. Bagi Ozil sosok Mira merupakan salah satu penyemangat baginya saat bermain sepak bola.

See also  Biografi Febri Hariyadi, Pemain Andalan Persib

4. Cristiano Ronaldo

Pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah UEFA Champions League tersebut merupakan satu dari banyak pemain dengan selebrasi ikoniknya. Setelah mencetak gol kapten timnas Portugal tersebut akan berlari menuju pojok lapangan kemudian melompat sambil memutar badan, kemudian mendarat dengan kedua tangan dan kaki terbuka yang disertai dengan teriakan penonton “SUIIII”.

Selebrasi tersebut seakan menambah kepercayaan diri bagi suporter tim yang diperkuatnya dan membuat jengkel suporter lawan. Teriakan Suii atau Siii merupakan sebuah ungkapan kebahagiaan, dalam hal ini yaitu mencetak gol. Kata tersebut mempunyai arti “Yaa” dalam bahasa Indonesia.

5. Lionel Messi

Pemain yang telah mengoleksi 6 Ballon D’or tersebut merupakan salah satu pemain dengan gaya selebrasi yang dikenal ikonik oleh para fans sepak bola. Saat berhasil menjebloskan bola ke gawang lawan, pemain berjuluk La Pulga ini akan berlari dan memeluk kawan-kawannya. Setelah itu, pertama dia akan membuat gerakan tangan dengan tanda salib, kemudian dia mengangkat kedua tangan sambil menujuk ke langit dengan kedua jarinya.

See also  Juara Liga Champion Terbanyak, Klub Mana Saja?

Menurut pengakuan Messi sendiri, mengangkat tangan dan menunjuk ke langit merupakan sebuah persembahan gol yang ia tunjukkan kepada neneknya yang telah meninggal saat Messi masih kecil. Bagi Leo, dukungan neneknya lah yang membuat dia dapat bermain sepak bola saat masih kecil dulu.

Itulah beberapa informasi gaya selebrasi pemain bola dan maknanya. Sebuah perayaan atau selebrasi dalam sepak bola kini menjadi sebuah momen yang harus ada, dan sepertinya akan selalu ada. Tidak hanya sebagai sebuah ungkapan suka cita, selebrasi yang dilakukan setiap pemain juga menyimpan makna-makna penting seperti kasih sayang terhadap keluarga, ungkapan terima kasih dan sebuah memorial untuk orang-orang terkasih.

You May Also Like

About the Author: Angie Jevinca