Variasi Latihan Sepak Bola Sederhana dan Ampuh

variasi latihan sepak bola

Sebagai salah satu olahraga paling terkenal dan digemari di dunia, sepak bola tentunya telah berhasil memikat hati banyak orang. Entah itu anak-anak sampai orang dewasa, tidak sedikit yang bermimpi untuk bisa menjadi pesepakbola professional dengan iming-iming gaji yang mencapai langit. Namun demikian, sepak bola ternyata tidak bisa sembarang dilakukan. Terdapat teknik-teknik tertentu yang perlu dikuasai. Berikut merupakan variasi latihan sepak bola yang dapat dicoba:

1. Long and Short Passing

Dalam permainan sepak bola, siapapun yang dapat menguasai bola bisa dikatakan sebagai raja permainan. Oleh karena itu, penting untuk dapat menguasai bola yang diberikan. Sering kali pemain kesulitan mengontrol bola yang dioper kepadanya, dan juga kesulitan untuk mengoper bola ke sasaran yang dituju. Dengan demikian, latihan pertama yang perlu dilakukan adalah latihan mengoper jarak dekat dan jarak jauh.

See also  Bek Kanan Real Madrid yang Paling Sulit Ditembus

Mengoper ini tidak hanya melatih kontrol pemain terhadap bola, namun juga melatih kerja sama antar pemain. Seperti pesepakbola professional yang bisa memberikan sinyal kepada pemain lain hanya melalui mata, penting untuk melatih kerja sama antar pemain sejak dini. Karena sepak bola adalah permainan tim, percuma jika hanya satu orang saja yang benar-benar handal mengolah bola, namun kemampuan kerja samanya rendah. Latihan mengoper ini bisa dilakukan secara berpasangan.

2. Menggiring Bola

Variasi latihan sepak bola yang dapat dicoba adalah menggiring bola. Teknik ini penting dilatih agar pemain mampu menguasai bola yang ada padanya. Pemain harus mampu melindungi bola dari lawan, mengoper bola pada kawan, serta meloloskan diri dari serangan lawan.

Dengan melatih teknik menggiring bola yang baik, maka bola yang dikuasai akan memiliki kemungkinan mencetak skor yang lebih tinggi. Beberapa teknik yang dapat dilakukan adalah menggiring bola dengan punggung kaki, menggiring bola dengan dengan kaki dalam, dan menggiring bola dengan dengan kaki luar.

See also  Juara Liga Champion Terbanyak, Klub Mana Saja?

3. Menendang Bola ke Gawang

Hal yang tidak bisa dilupakan dari latihan sepak bola tentunya adalah latihan menendang bola ke gawang. Latihan ini tidak hanya ditujukan untuk penyerang, namun juga untuk penjaga gawang. Gawang merupakan area paling terbuka dalam suatu pertandingan, penting bagi pemain untuk bekerja sama menangkis serangan lawan ketika berada di area tersebut. Latihan menendang bola ke gawang ini bisa melatih akurasi serangan pemain dan kemampuan penjaga gawang menangkis serangan yang datang.

4. Menggiring Bola Secara Zigzag

Sedikit variasi dari latihan sepak bola sebelumnya, menggiring bola dapat dilakukan secara zigzag. Pada lapangan hijau bisa diletakkan semacam cone kecil dan pemain akan menggiring bola melewati cone-cone tersebut. Hal ini dapat melatih kelincahan serta kemampuan pemain dalam mengontrol dan menguasai bola yang ada padanya. Kelincahan ini mampu membuat pemain menghadang gerakan lawan yang hendak mencuri bola dan mengoper bola ke pemain lain dengan lebih akurat.

See also  Bek Sayap Terbaik di Dunia yang Pernah Ada

5. Latihan Stamina

Variasi latihan sepak bola terakhir yang dapat dilakukan adalah melatih stamina. Seperti yang dapat dilihat, permainan sepak bola berlangsung selama 2×90 menit, yang membutuhkan energi dan stamina yang tidak sedikit. Para pemain harus mampu menunjukan performa maksimal mereka meski waktu sudah berlalu lama. Karena itu, penting untuk melatih stamina pemain. Latihan stamina yang sering dilakukan adalah berlari.

Beberapa latihan diatas merupakan variasi latihan sepak bola yang dapat dilakukan. Tidak harus mendaftarkan diri pada klub-klub terkenal, mulailah berlatih menggunakan variasi latihan yang ada untuk meningkatkan kemampuan sepak bola. Latihan-latihan tersebut tidaklah sulit dan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Angie Jevinca